08/07/12

Kolam Renang vs Laut

2010 beberapa bulan sebelum saya pergi ke Karimunjawa saya kursus renang. Waktu itu dgn 200rb renang sampai bisa, tapi cuma gaya dada saja. Tujuan saya agar bisa renang ketika perahu terbalik atau sengaja dibalik, ketika sedang rafting dan saya ga akan panik. Kemudian film 2012 lg tayang, yah siap2 untuk berenang2 ke puncak everest yg dalam cerita bukan lagi puncak tertinggi di dunia hehehehe ngarep deh. 

Kebetulan ke Karimunjawa, secara ini adalah kepulauan jadi mau tidak mau senang tidak senang...tetep senang, yaa harus nyebur laut dan berbasah-basah...otomatis. Bisa berenang, tambah pede jadinya meskipun ga jago2 amat, minim bisa ngapung sambil tengkurep. Koq tengkurep? kan mau lihat biota dalam laut, kalo ga tengkurep lihat langit? Pada spot pertama di Karimunjawa mungkin kedalaman lebih dari 7m dibawah permukaan laut, ketika melihat ke bawah laut lebih gelap dan diantara terumbu karang ada celah yg lebih dalam...nah kalo terjepit diantaranya gimana hayooo?! 

Dalam atau dangkalnya laut bìsa dilihat dari warna permukaañya waktu kita naik perahu klo dangkal tentu saja warnanya lebih terang karena pasir dari pantainya juga terlihat, sampai kita tau akan ada pulau klo surut. Jadi kalo dalam warnanya lebih gelap, ngeri banget jadi ingat fìlem yg tentang hiu, shark, jaws(sama aja kaleee)...hiiyyy, lariii eh renang ding. Tapi untungnya banyak yang ga bisa berenang tetep nyebur tapi pake pelampung. Saya?modal tangan dan kaki (eiiitttsss...bukannya nyombong lohh) dibantu sama fin dengan ukuran 40 molor pisan, jadi waktu tendang sana-sini seperti mau lepas itu finnya. Kalo cuma snorkelling terus biota lautnya dalem banget saya takut ga pas waktu ambil nafasnya, mending klo diving kan dah bawa oksigen. Jadi di pulau selanjutnya saya putuskan, beberapa teman juga yang kebetulan bisa renang ber"snorkellria" di spot yg lebih dangkal dan datar tapi sepi, kedalaman antara 1-1.2m aja. Yang lainnya di darat aja, karena sudah capek berenang di pulau sebelumnya yang pantainya memang lebìh curam dan dalem, juga ombaknya lebih kenceng. 

Berenang di laut aman kalo ada teman yang lebih jago, jadi ada yang nolongin kalo tiba-tiba kram dan tenggelam, atau panik. Kalo saya capek menyepak sana-sini mending segera ke arah kayu-kayu penyangga dermaga atau ke pantainya. Iya kalau ada tempat jadi "templokan" klo ditengah?laut seperti tak berujung, dalamnya tak dapat diukur (bisa diukur sih, tp saat qta renang mau ngukur dah parno ato phobia duluan). Di kolam renang? Lebar dan dalamnya kolam sudah jelas, untung-untung minggir dah ada tempat untuk "nemplok" ada penjaganya jg yg siap nolöngin, tapi jangan terlalu diharapkan hehehehehe...........karena dia belum tentu lihat.

Sama juga ketika saya di Tanjung Tinggi meskipun jarak antara permukaan dengan tanah sekitar 3 meteran, jelas terlihat tapi masih ada sedikit paranoid mungkin pengaruh filem ya, kali aja ada makhluk aneh-aneh gitu...hehehe.

Kalo di kolam renang, biasanya dikasih batas atau tanda untuk yang tidak bisa berenang harus di kedalaman maksimal 1,5m atau tertentu....hmmm di kolam renang untuk anak-anak mungkin :D. Di kolam renang bahayanya mungkin kalo tabrakan sesama pengguna kolam kalo ga lihat sekelilingnya, tp paling cuma minggir sebelum tabrakan. Ada juga yang terjun bebas sebebas-bebasnya, loncat dari pinggir kolam tanpa melihat-lihat ada orang yang mungkin sedang renang dibawahnya bisa ketimpa terus terjunnya di kolam yg dangkal, habis tuh nyungsep kepala duluan...lengkap sudah penderitaannya. Atau kaki duluan, langsung DHYEEEGH ntéeerrtt ke atas, ah mbuhlah, semoga semua baik2 saja...amin :D. Biasanya yang model gitu renangnya "gaya kali", karena bisanya renang waktu nyebur ke kali dan terbawa arus, dan kepala diatas permukaan biasanya juga disebut "gaya anjing" hehehehe karena renangnya kayak anjing kepalanya diatas terus. 

1 komentar:

woellan mengatakan...

yuuk belajar renang..:D